Jumat, 03 Maret 2017

Kampung Dongeng Intan Kal-Sel

kampung-dongeng-intan-kalimantan-selatan
penasaran kali ini saya dimana ??
hai.. haiii...
akhirnya kesampean juga nulis lagi, setelah lama vakum karena terlalu sibuk sama kerjaan dan kegiatan yang jadwalnya kepentok-pentok. sampailah saya pada waktu ini, waktu dimana chat-chat digrup udah mulai kehilangan penghuni nya, dimana buku-buku bacaan baru udah dilahap semua, waktu dimana revisian udah nihil adanya, hahhaa...

okeh, sebelum saya ngomong nya mulai ngelantur kemana-mana dan nanti ujung-ujung nya curhat gak karuan kita mulai pembahasan kita kali ini ya..

kali ini saya akan ngajak kalian semua melihat sebuah kampung. (iya, Kampung). tapi kali ini bukan kampung biasa. mereka menyebutnya "Kampung Dongeng"..
(huaaaa.....prok.. prokk.. prokkkk.. prokkkkk *lebay dikit ga papa biar opening nya keliatan rame dan supaya banyak yang baca)

ini dimulai saat stalking sebuah akun di instagram, entah bagaimana caranya saya sendiri sudah lupa kenapa saya bisa tersesat lalu menemukan akun @Kadointankalsel dari situ saya mulai mencari tahu tentang kegiatan itu, dibantu oleh kaka irga selaku admin dari  @kadointankalsel akhirnya saya putuskan untuk berkunjung..

perjalanan menuju Kampung Dongeng memakan waktu sekitar 1 Jam dari rumah saya, kampung dongeng intan Kal-Sel sendiri terletak Jl. Kampung Baru No.47 RT. 03 RW 01 Sungai Paring, Martapura Kab.Banjar. Bagi kalian yang berdomisili di Martapura pasti sudah tau persis letak nya kan?. yupps, Jalan masuk nya persis disamping Gerbang Batas kota. bagi saya  yang baru pertama mencari alamat itu memang agak sedikit meleset dan harus muter-muter karena saya malu bertanya pada orang lain, hehehe..

teman-teman @kadointankalsel menggagas sebuah gerakan yang saya anggap tidak lazim dimasyakat kita, mereka mendirikan sebuah Kampung Dongeng.
saya sebut tidak lazim karena kebanyakan masyarakat kita masih menganggap dongeng hanyalah sebagai cerita pengantar tidur, tapi ditangan kakak relawan @kadointankalsel stigma itu berubah.
mereka menyulap rumah biasa menjadi " Rumah idaman " bagi seorang pecinta dongeng seperti saya. nuansa ceria ada dimana-mana. cat berwarna cerah, tempelan-tempelan dari kertas origami yang gemas, gambar warna-warni, galeri foto-foto kegiatan, perpustakaan mini, rentetan alat musik angklung menambah nuansa keceriaan rumah dongeng intan kalsel tersebut.
dan semua itu membuat siapa saja betah berlama-lama disana...

kampung-dongeng-intan-kalimantan-selatan
lucu banget kan ya, ini hasil karya adik-adik kadointankalsel loh,,
" ada berbagai cara untuk membuat kehadiran diri kita bermakna untuk orang lain" 
 hari itu mereka mereka sedang melaksanakan kegiatan dalam rangka memperingati hari sampah, acara dimulai dari pukul 08.00 wita kegiatan diisi dengan dongeng dari bunda Enik Mintarsih, yang disambut dengan antusias oleh semua anak-anak. mereka bertingkah aktif saat bunda Enik mendongeng. mereka tertawa dan malu-malu saat bunda Enik beberapa kali menceletuk masalah membuang sampah sembarangan. 
kampung-dongeng-intan-kalimantan-selatan
ini nih keseruaan saat bunda Enik nge-dongeng..



 acara dilanjutkan dengan senam bersma bersama kak Novi dan teman-teman Relawan lainnya.. 
kampung-dongeng-intan-kalimantan-selatan
senam pokemon nya heboh banget euyy..
kemudian anak-anak diajak berkreatifitas dengan membuat kerajinan daur ulang dari sampah botol plastik loh, lucu banget kan?
kampung-dongeng-intan-kalimantan-selatan
nah, ini anak-anak kelompok aku nih temen-temen hahha...

kampung-dongeng-intan-kalimantan-selatan
ini waktu ka irga bantu adik-adik bikin pot bunga nya..
dan ini dia hasil nyaa teman-temann semuaaa....

kampung-dongeng-intan-kalimantan-selatan
taraaaaa!!!!

seru banget kan kaka-kaka semuanya?? ada atraksi sulap juga loh..
nagih banget deh  pokoknya mampir kesini,


kampung-dongeng-intan-kalimantan-selatan
ini juga hasil kerajinan dari adik-adik kadointan yang dibuat menjadi hiasan di dinding basecamp 
mendekatkan diri pada anak-anak serta menanamkan pesan moral dalam berbentuk karakter positif dengan cara mendongeng merupakan salah satu tugas mulia yang telah dilakukan oleh kakak-kakak @kadointankalsel, 
semoga akan banyak lahir gerakan-gerakan serta relawan-relawan yang mempunyai tujuan dan niat yang sama, sehingga kedepannya kita tidak akan lagi mendapati anak-anak yang mengalami krisis panutan dan moral yang hancur karena pergaulan.

akhir kata, semoga diberikan kesempatan lagi untuk bisa berkunjung dan bersilaturahmi ke kampung dongeng intan Kalsel...

" mari kita bersama menjadi generasi yang turut menyalakan lilin, bukan generasi yang hanya bisa mengutuk kegelapan "
 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© Langkah kecil
Maira Gall