Sabtu, 04 Maret 2017

Sehari Mengajar, Seumur Hidup Menginspirasi

kelas-inspirasi-banjarmasin
" pagi ku cerah ku, matahari bersinar..
ku gendong tas merah ku di pundak.. "

nama saya winda. ini adalah pengalaman kelas inspirasi pertama saya.

kelas inspirasi Banjarmasin ke-2 hadir di Banjarmasin,
zaman sekarang  siapa sih yang gak tau kelas inspirasi?? sebuah gerakan yang diinisiasi oleh Gerakan Indonesia Mengajar dan Beberapa Professional, yang sekarang pergerakannya seperti bola salju besar  menggelinding dengan cepat, setiap daerah berlomba-lomba untuk menghadirkan gerakan ini di daerah tempat tinggalnya.

okeh, buat kalian yang belum tau kelas inspirasi itu apa saya akan jelaskan sedikit, jadi kelas inspirasi ini merupakan gerakan yang mengajak para Professional dari berbagai sektor, bidang, maupun pekerjaan untuk ikut serta berkontribusi untuk kemajuan pendidikan di Indonesia . wujud kegiatan nya yaitu  pada hari inspirasi para professional akan mengunjungi sekolah dasar yang telah ditentukan oleh panitia, mereka akan memberikan edukasi dan informasi mengenai profesi yang mereka geluti saat ini. Tujuan dari kelas inspirasi adalah untuk memberikan referensi kepada anak-anak sekolah dasar bahwa profesi itu sebenarnya sangat beragam, tidak berpatok pada cita-cita default masa kecil seperti polisi, tentara, dokter, guru namun ada berbagai macam profesi yang bisa mereka raih dimasa mendatang.

saya sendiri kenapa bergabung dengan kelas inspirasi??
karena saat saya masih kecil, saya mengalami sendiri krisis panutan tersebut,
pengetahuaan cita-cita saya terbatas. saya hanya mengetahui profesi-profesi yang berada disekitar saya tanpa pernah tau ada banyak profesi yang bisa saya jalani saat sudah dewasa nanti. itu lah alasan terbesar saya mengikuti gerakan perubahan ini ..
saya ingin tidak ada lagi anak anak yang bingung saat ditanya mengenai cita-cita nya kelak ingin menjadi apa..

ada juga yang pernah tanya, " kamu kurang kerjaan ya ikut begituan??"(*nyinyir banget yah..)
(-____-") Mohon ridho nya temen-temen saya mau jawab pertanyaan ini, saya bukan nya gak ada kerjaan . tapi saya hanya ingat ungkapan Thomas Hobbes dalam karya nya berjudul De Cive (1651)
" homo homini socius - Manusia adalah kawan bagi sesama "
sekarang kalau bukan kita? siapa lagi?? ingat, tidak akan ada perubahan tanpa sebuah pergerakan, Merdekaaaa!!

balik lagi ke pembahasan kita, maafkan saya yang terlalu antusias. gak apa-apa toh ini blog saya, hahhaa..
Kelas inspirasi banjarmasin melakukan open recruitment panitia lokal penyelenggaraan hari inspirasi melalui media sosial, semua proses recruitment sampai tahap seleksi panitia dilakukan secara online. bagi peserta yang mendaftar kita akan melalui proses wawancara dan akan dicecar beberapa pertanyaan seputar tujuan keikutsertaan dan komitmen kita selama dalam kepanitiaan ini. dan kalian semua tau kan hasil wawancara nya, saya  dinyatakan Lulus..

16 Oktober 2016..
kami para relawan berlabelkan "panitia lokal" berkumpul untuk melaksanakan Briefing relawan,
hari itu kami diracuni oleh berbagai macam video yang membuat panggilan jiwa seorang relawan semakin besar (*hasekkk) ,  pengalaman dari kakak-kakak Pengajar Muda Indonesia Mengajar, dan kehangatan keluarga baru dengan tujuan yang sama..

kelas-inspirasi-banjarmasin
panitia lokal kelas inspirasi Banjarmasin #2

semua panitia yang berkumpul telah mempunyai pilihan divisi dan tugas yang akan diemban nya. hari itu saya bertemu dengan divisi pilihan saya, yaitu Humas..
saya akan bekerja sama bersama kak Rian, Tiwi, Ummi dan Indah (* lav you gengs)
kelas-inspirasi-banjarmasin

banyak tugas yang harus dilakukan oleh divisi Humas, Mulai dari mengumpulakan material promo, lalu mempublikasikannya juga memperkenalkan nya ke khalayak,
banyak cara yang kami tempuh mulai dari promo di media sosial, radio, stasiun televisi, sampai acara Car Free Day..
kelas-inspirasi-banjarmasin
promo di car free day saat pembukaan pendaftaran hari pertama..

kelas-inspirasi-banjarmasin
promo terus biar tambah banyak inspirator yang gabung, semangat!!,,

"hasil memang tidak akan pernah mengkhianati usaha"
alhamdulillah, pendaftar kelas inspirasi banjarmasin melampaui target dari panitia, sampai hari penutupan terakhir pun masih banyak para relawan yang ingin bergabung menjadi relawan.

kelas-inspirasi-banjarmasin
proses pemilihan sekolah dan inspirator untuk hari inspirasi


15 January 2017..
yeayyyy!!! Briefing Relawan Inspirator, Fotographer, dan Videographer dilaksanakan di Aula Kayuh Baimbai Pemerintah Kota Banjarmasin..
semua elemen yang berperan saat hari inspirasi nanti,  bertemu pada hari ini. kalian tau kan bagaimana gembira nya kami melihat masih ada banyak orang yang bersedia menjadi kerumunan positif ditengah kegelapan seperti saat ini?? *haaseek..maaf lebai..

kelas-inspirasi-banjarmasin
briefing inspirator, fotografer dan videographer


hari itu juga, aku menemukan tim kerja baru. SDN Belitung Selatan 7 Banjarmasin
aku masih bersama tiwi, kami kontrak kerja 5 tahun, hahhaa..
kami mendapatkan bantuan 2 orang makhluk gaib (*hahah piss..piss damai) ada didi dan ica yang kece-kece datang untuk membantu kami mempersiapkan semuanya..
mereka adalah rekan kerja terbaik..
kelas-inspirasi-banjarmasin
saat membuat properti hari inspirasi

kelas-inspirasi-banjarmasin
meeting mulu mah kerjaan nya kita-kita 

ternyata bukan hal mudah menyatukan pemikiran dan persepsi setiap orang, ide, pikiran, dan tenaga kami dipaksa untuk berpikir keras demi kemaslahatan bersama ..

11 orang inspirator, 4 Fasilitator, 1 fotografer, 1 Videographer,
untuk menghasilkan komposisi ini butuh proses panjang, banyak rintangan dan perdebatan terjadi saat proses persiapan, cuti yang tidak di approve, sakit, perjalanan dinas keluar kota, tugas kantor mendadak pas hari H semua hal itu terjadi tanpa bisa diduga, dan kami lagi-lagi harus memutar otak agar semua berjalan sesuai rencana..
beruntung sekali aku punya tim hebat seperti mereka, yang selalu siap saat situasi genting seperti itu..

hari itu tiba,
2 February 2017

kelas-inspirasi-banjarmasin
suasana saat briefing pagi sebelum menuju sekolah..


pagi itu dengan modal nekad dan tekad kuat untuk mensukseskan hari inspirasi Banjarmasin saya dan tim berangkat pagi buta, dengan berbagai macam barang bawaan diluar standar kemampuan, kami bergegas menuju sekolah dasar negeri Belitung Selatan 7 Banjarmasin..

SDN Belitung Selatan 7 ini sebenarnya terletak di kawasan padat penduduk, letaknya tidak jauh dari pasar tradisional warga sekitar, namun akses jalan yang harus melalui gang-gang sempit membuat pembangunan sekolah ini agak sedikit tertinggal ketimbang SD-SD yang menjadi sasaran Kelas inspirasi lainnya terlihat dari beberapa bangunan nya yang masih berpondasi kayu dan tidak terpasang nya instalasi listrik disetiap kelas nya..

kelas-inspirasi-banjarmasin
tetap semangat ya adik-adik kakak..
pagi itu kedatangan kami ditatap beratus-ratus pasang mata, perasaan gugup meliputi perasaan kami semua. masih dengan keadaan setengah tidak percaya bahwa kami mengambil cuti dari pekerjaan kami untuk kembali ke sekolah dasar. dan untuk pertama kalinya bukan sebagai siswa, namun kami hadir menggantikan peran guru hingga jam sekolah usai...

rangkaian hari inspirasi kami di SDN Belitung Selatan 7 diwarnai berbagai drama menarik, dimulai dari ratusan anak-anak yang menyerbu kakak-kakak relawan untuk minta tanda tangan, hujan lebat yang turun, lapangan yang banjir, anak yang digigit ular. hufft...
semua nya membuat saya kembali rindu pada hari itu, 

kelas-inspirasi-banjarmasin
tim sukses SDN Belitung Selatan 7 Banjarmasin . . .
(tiwi, ica, didi, winda)

rangkaian kegiatan SDN Belitung Selatan 7 Banjarmasin dapat dilihat di 
https://youtu.be/ZkKDZDzP06c
terlalu banyak momen-momen yang berharga namun tidak sempat diabadikan pada hari itu, video ini hanya sepenggal kisah dari kami yang telah merasakan sendiri bagaimana nikmat kepuasaan yang didapat  menjadi seorang relawan.

pada kesempatan ini pula saya ingin mengucapkan terimakasih yang tak terhingga untuk semua yang telah berpartisipasi dalam mensukseskan kegiatan hari inspirasi SDN Belitung Selatan 7 Banjarmasin,
kalian adalah tim terbaik

kelas-inspirasi-banjarmasin


akhir kata
' sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lainnya'
hadist mengatakan seperti itu adanya, jadi, sekecil apapun ilmu yang bisa kita berikan sudah seharusnya kita turut mengambil bagian. bukan malah menunda-nunda nya sampai akhirnya hanya menjadi wacana.


saya muda. saya penggerak kelas inspirasi, kamu kah selanjutnya ???




Tidak ada komentar

Posting Komentar

© Langkah kecil
Maira Gall